Hash and Binary Tree

     Nah, kali ini saya mau bahas hashing nih guys. Apa itu hashing? Mungkin beberapa diantara kalian pernah mendengar hashing secara selintas dalam obrolan bersama teman anda, atau apabila anda sudah tahu apa itu hashing maka bagus. Nah, yang dimaksud dari hashing itu adalah suatu bentuk data structure yang didesain untuk melakukan proses dan menggunakan function hashing yang akan memberikan map value tertentu dengan kunci tertentu untuk akses yang lebih cepat.

     Hashing table ini akan mengubah string ataupun data yang kompleks menjadi sebuah key dan key tersebut akan merujuk index. Fungsi hash yang baik adalah fungsi yang efisien dan jelas, serta adil dan merata dalam mengubah data kedalam key. Kendati demikian, masalah yang sering muncul adalah, kemungkinan 2 key result menjadi bernilai sama.

     Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah chaining, dimana setiap cell dari hash table dikaitkan dengan linked list yang berisi value yang sama seperti dibawah




Nah, kalau binary tree itu adalah tipe data structure juga, tapi berupa hierarki. Kira-kira bentuknya seperti ini...



Nah, kalau yang paling atas itu namanya akar, kalau cabang-cabangnya itu namaya daun. Terbalik ya sama pohon yang sebenarnya, tapi kira-kira kenapa harus bentuk hierarki pohon ya?

1. Searching yang lebih cepat

2. Mudah divisualisasikan

3. Mudah dilakukan fungsi insert dan delete

Hashing dan binary tree ini tentunya digunakan di blockchain. Hashing digunakan untuk cryptocurrency karena efisien dan cepat, sedangkan binary tree digunakan karena struktur yang efisien dan cepat serta aman menjaga keamanan data.

Comments